Saturday, August 30, 2008

Marhaban Ya Ramadhan...


Marhaban Ya Ramadhan…
Stelah lama menunggu, akhirnya bulan yang penuh dengan berkah ini pun tiba, dimana di bulan ini Allah akan melipatkgandakan pahala2 atas ibadah yang kita lakukan. Semua pintu surga terbuka lebar2 n pintu nerakanya tertutup rapat2 Yap inilah bulan Ramadhan, bulan dimana kita harus mentarbiyah diri kita n menghindarkan diri dari perbuatan2 yang gak bermanfaat. Di bulan inilah kita harus berjuang keras untuk menahan hawa nafsu kita ndiri, insya Allah gitu deh maksudnya. Jadi Allah telah berfirman di dalam Al-Quran, surat Al-Baqarah:183 yang artinya:

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,.

Nah di dalam surah tersebut dijelaskan banget kan, bahwa Allah memerintahkan ibadah puasa hanya kepada orang2 yg beriman. Itu artinya jika kita berpuasa itu harus dilandasi dengan keimanan yang kuat. Nah lalu di masa sekarang ni juga gak dikit tuh orang2 yang berpuasa, tapi berpuasa begitu aja tanpa adanya landasan iman yang kuat, sekedar ikut2an aje. Buktinya apa donk?? Buktinya nih ya, coba deh lihat orang2 yang udah nyelesaiin puasanya, pada umumnya mereka gak ada perubahan yg meningkat mengenai ibadah2 yang mereka kerjakan, baik yang wajib or sunah. Jadi harusnya tuh ya sebelum n sesudah bulan puasa ini kita harusnya mengalami perubahan misalnya dalan beribadah, harus bisa meningkatkan kualitas ibadah2 kita. Atau kalo gak kayak gitu, kita sama aja bo’ong ni berpuasa di bulan Ramadhan, coz setelah lepas dari bulan ntu kita gak ada perubahan sama sekali. Jadi inget ya, yang paling penting itu ialah meningkatkan kualitas ibadah/amal, amal yang sholeh tentunya.

Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun,(Q.S. Al-Mulk:2).

Terus nih ya kewajiban berpuasa ini udah ada di zaman dahulu, zamannya rasul n sahabat. Jadi itulah sebagai motivasi kita tuh, bahwa di zaman yang dulu aje orang2nya bisa menjalankan puasa dengan sebaik mungkin, masa kita gak bisa sih, harus berusaha ya.. Insya Allah, gue coba tuh menjalankan ibadah puasa n ibadah2 yang laennya dengan sebaik2 mungkin, moga aje kualitasnya lebih baek dari taoun2 sebelumnya. Kalian juga ya??? Lanjut bos!!! Oke, jadi tujuan kita berpuasa itu juga menjadi orang2 yang bertakwa, ni Allah yang nyuruh loh.. alx ketakwaan ntu ialah standar kita ni, buat menuju kehidupan yang kekal. Allah telah berfirman di dalam surah Al-Hujurat:13 yang artinya:

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

Udah paham kan sekarng??? Udah gitu, Alhamdulillah deh kalo gitu. So Allah ntu Maha Teliti dengan apa yang ada di dalam hati kita, mau beriman kah, atau mau kufur kah. N ketakwaan ntu juga bisa dica
pai jika kita menjalankan aturan2 dari Allah alias syariat n juga meninggalkan aturan yang bukan dari Allah. Serta tidak menjalankan aturan Allah dengan seenaknya aja ntar malah kita ndiri yang dapat masalah. Beneran deh!!!

Dan ketahuilah olehmu bahwa di kalanganmu ada Rasulullah. Kalau ia menuruti kemauanmu dalam beberapa urusan benar-benarlah kamu mendapat kesusahan, tetapi Allah menjadikan kamu 'cinta' kepada keimanan dan menjadikan keimanan itu indah di dalam hatimu serta menjadikan kamu benci kepada kekafiran, kefasikan, dan kedurhakaan. Mereka itulah orang-orang yang mengikuti jalan yang lurus,(Q.S.AL-HUJURAT:7)

KESIMPULANNYA ialah dengan berpuasa di bulan Ramadhan ini,bertujuan untuk menjadi manusia yang bertakwa. N yang paling bertakwalah yang akan menjadi manusia yang mulia di sisi Allah nantinya. TAKWA ialah segala2nya untuk meraih kenikmatan surga. Mau surga kan??? Makanya jalan kesananya juga harus yang bener ya,.. maksud gue harus dengan jalan yang lurus alias ISLAM, gak boleh ada jalan2/agama2 yang laen di hati ini. Nih kalo gak percaya, lihat di Al-Quran:

dan bahwa (yang Kami perintahkan ini) adalah jalanKu yang lurus, maka ikutilah dia, dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu mencerai beraikan kamu dari jalanNya. Yang demikian itu diperintahkan Allah agar kamu bertakwa. (Q.S.AL-AN’ AAM:153)

Katakanlah: "Sesungguhnya aku telah ditunjuki oleh Tuhanku kepada jalan yang lurus, (yaitu) agama yang benar, agama Ibrahim yanglurus, dan Ibrahim itu bukanlah termasuk orang-orang musyrik." (Q.S. AL- AN’ AAM: 161)

No comments: